Kata-Kata


Kata-kata adalah cermin pikiran seseorang. Kata mencerminkan kualitas pikiran, sekaligus juga mengidentifikasi cara berpikir.

Kata-kata bahkan mencerminkan kepribadian seseorang, jika berbicara buruk itu karena yang ia pikirkan juga buruk. Sebaliknya pembicaraan yang baik hanya bersumber dari cara, tata dan kualitas berpikir yang baik pula.

Berbicara juga cermin isi hati. Hati yang bening, hati yang kusam dan keruh, juga hati yang berilmu dan bodoh, akan nampak dari pembicaraan yang keluar. Kata-kata bisa memperlihatkan siapa dan dalam kualitas apa seseorang.

Siapa pun yang menghendaki kemuliaan dan kualitas diri, ia harus benar-benar memperhatikan kata-kata yang ia sampaikan. Orang yang menghendaki keselamatan, ia harus mengendalikan kata-katanya.Ada sebuah pribahasa yang sangat sering kita dengar, “Mulutmu harimaumu.”

Siapa pun perlu dan harus mendidik kata-katanya. Lidah juga harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang benar.

Ali bin Abi Thalib berkata, “(Kualitas) seseorang itu tersembunyi di bawah lidahnya. Oleh karena itu, timbang-timbanglah pembicaraanmu, dan arahkan pada akal dan pengetahuan. Jika ia karena Allah dan di dalam-Nya, maka bicaralah. Jika tidak, diam lebih baik.”

Sungguh, sesuatu yang baik hanya bersumber dari sesuatu yang baik; ia juga hanya akan melahirkan yang baik…

Jika kita berbicara, maka sampaikanlah hanya kebaikan dengan cara-cara penyampaian yang baik pula. Demikian pula saat menulis, maka tuliskanlah hanya sesuatu yang baik, dengan cara penulisan yang juga baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s